Sistem Pakar
Definisi
Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti
keputusan yang diambil oleh seorang atau beberapa orang pakar. Menurut Marimin
(1992), sistem pakar adalah sistem perangkat lunak komputer yang menggunakan
ilmu, fakta, dan teknik berpikir dalam pengambilan keputusan untuk
menyelesaikan masalah-masalah yang biasanya hanya dapat diselesaikan oleh
tenaga ahli dalam bidang yang bersangkutan.
Dalam penyusunannya, sistem pakar
mengkombinasikan kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan
basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam
bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut disimpan dalam komputer,
yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk
penyelesaian masalah tertentu.
Modul Penyusun Sistem Pakar
Suatu sistem pakar disusun oleh tiga modul utama (Staugaard, 1987), yaitu :
1. Modul
Penerimaan Pengetahuan Knowledge Acquisition Mode)
Sistem berada pada modul ini, pada
saat ia menerima pengetahuan dari pakar. Proses mengumpulkan
pengetahuan-pengetahuan yang akan digunakan untuk pengembangan sistem,
dilakukan dengan bantuan knowledge engineer. Peran knowledge engineer adalah
sebagai penghubung antara suatu sistem pakar dengan pakarnya
2. ModulKonsultasi(ConsultationMode)
Pada saat sistem berada pada posisi
memberikan jawaban atas permasalahan yang diajukan oleh user, sistem pakar
berada dalam modul konsultasi. Pada modul ini, user berinteraksi dengan sistem
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh sistem.
3. Modul
Penjelasan(Explanation Mode)
Modul
ini menjelaskan proses pengambilan keputusan oleh sistem (bagaimana suatu
keputusan dapat diperoleh).
Struktur Sistem Pakar
Komponen utama
pada struktur sistem pakar (Hu et al, 1987) meliputi:
1. Basis
Pengetahuan (Knowledge Base)
Basis pengetahuan merupakan inti dari suatu sistem pakar, yaitu berupa
representasi pengetahuan dari pakar. Basis pengetahuan tersusun atas fakta dan
kaidah. Fakta adalah informasi tentang objek, peristiwa, atau situasi. Kaidah
adalah cara untuk membangkitkan suatu fakta baru dari fakta yang sudah
diketahui. Menurut Gondran (1986) dalam Utami (2002), basis pengetahuan
merupakan representasi dari seorang pakar, yang kemudian dapat dimasukkan
kedalam bahasa pemrograman khusus untuk kecerdasan buatan (misalnya PROLOG atau
LISP) atau shell sistem pakar (misalnya EXSYS, PC-PLUS, CRYSTAL, dsb.)
2. Mesin
Inferensi (Inference Engine)
Mesin inferensi berperan sebagai otak dari sistem pakar. Mesin inferensi
berfungsi untuk memandu proses penalaran terhadap suatu kondisi, berdasarkan
pada basis pengetahuan yang tersedia. Di dalam mesin inferensi terjadi proses
untuk memanipulasi dan mengarahkan kaidah, model, dan fakta yang disimpan dalam
basis pengetahuan dalam rangka mencapai solusi atau kesimpulan. Dalam
prosesnya, mesin inferensi menggunakan strategi penalaran dan strategi
pengendalian.
Strategi penalaran terdiri dari strategi penalaran pasti (Exact Reasoning) dan
strategi penalaran tak pasti (Inexact Reasoning). Exact reasoning akan
dilakukan jika semua data yang dibutuhkan untuk menarik suatu kesimpulan
tersedia, sedangkan inexact reasoning dilakukan pada keadaan sebaliknya.
Strategi pengendalian berfungsi sebagai panduan arah dalam melakukan prose
penalaran. Terdapat tiga tehnik pengendalian yang sering digunakan, yaitu
forward chaining, backward chaining, dan gabungan dari kedua tehnik
pengendalian tersebut.
3. Basis
Data (Database)
Basis data terdiri atas semua fakta yang diperlukan, dimana fakta-fakta
tersebut digunakan untuk memenuhi kondisi dari kaidah-kaidah dalam sistem.
Basis data menyimpan semua fakta, baik fakta awal pada saat sistem mulai
beroperasi, maupun fakta-fakta yang diperoleh pada saat proses penarikan
kesimpulan sedang dilaksanakan. Basis data digunakan untuk menyimpan data hasil
observasi dan data lain yang dibutuhkan selama pemrosesan.
4. Antarmuka
Pemakai (User Interface)
Fasilitas ini digunakan sebagai perantara komunikasi antara pemakai dengan
sistem. Hubungan antar komponen penyusun struktur sistem pakar dapat dilihat
pada Gambar di bawah ini :
Teknik
Representasi Pengetahuan
Representasi
pengetahuan adalah suatu teknik untuk merepresentasikan basis pengetahuan yang
diperoleh ke dalam suatu skema/diagram tertentu sehingga dapat diketahui relasi/keterhubungan
antara suatu data dengan data yang lain. Teknik ini membantu knowledge engineer dalam memahami
struktur pengetahuan yang akan dibuat sistem pakarnya.
Terdapat
beberapa teknik representasi pengetahuan yang biasa digunakan dalam pengembangan
suatu sistem pakar, yaitu :
1. Rule-Based Knowledge
Pengetahuan direpresentasikan dalam
suatu bentuk fakta (facts) dan aturan
(rules). Bentuk representasi ini
terdiri atas premise dan kesimpulan
2.
Frame-Based Knowledge
Pengetahuan direpresentasikan dalam suatu bentuk hirarki atau jaringan frame
Pengetahuan direpresentasikan dalam suatu bentuk hirarki atau jaringan frame
Pengetahuan direpresentasikan dalam suatu bentuk hirarki atau jaringan frame
Pengetahuan direpresentasikan dalam suatu bentuk hirarki atau jaringan frame
4. Object-Based Knowledge
Pengetahuan direpresentasikan sebagai jaringan dari obyek-obyek. Obyek adalah
elemen data yang terdiri dari data dan metoda (proses)
5. Case-Base Reasoning
Pengetahuan direpresentasikan dalam bentuk kesimpulan kasus (cases)
(Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda dapat membaca buku
:
• Management
Information System
(J.A. O'Brien)
McGraw Hill. Arizona.USA.
McGraw Hill. Arizona.USA.
McGraw Hill. Arizona.USA.
McGraw Hill. Arizona.USA.
• Decision
Support and Expert Systems; Management Support Systems (E. Turban)
Prentice Hall. New Jersey.USA.
Prentice Hall. New Jersey.USA.
Prentice Hall. New Jersey.USA.
Prentice Hall. New Jersey.USA.
Buku-buku lain yang membahas tentang Sistem Pakar)
Sistem pakar
adalah sistem yang mempekerjakan pengetahuan manusia yang ditangkap dalam
komputer untuk memecahkan masalah yang biasanya membutuhkan keahlian
manusia. Adapun komponen-kompenen yang mungkin ada dalam sebuah sistem
pakar adalah:
1.
Subsistem akuisisi pengetahuan
2.
Basis pengetahuan
Basis
pengetahuan berisi pengetahuan penting untuk pengertian, formulasi dan
pemecahan masalah. Basis pengetahuan memasukkan dua elemen (1) fakta
(facts) seperti situasi masalah dan teori dari area masalah dan (2) heuristic
khusus atau rule-rule yang menghubungkan penggunaan pengetahuan untuk pemecahan
masalah spesifik dalam sebuah domain khusus. Informasi dalam basis pengetahuan
tergabung dalam basis pengetahuan tergabung dalam sebuah program komputer oleh
proses yang disebut dengan representasi pengetahuan.
3.
Mesin inferensi
4. Blackboard
(Wilayah kerja)
5.
User interface
Sistem pakar berisi bahasa prosesor
untuk komunikasi yang bersahabat, berorientasi pada masalah antara pengguna dan
komputer. Komunikasi ini dapat secara baik dibawa oleh natural language,
dan dalam beberapa kasus user interface ditambahkan dengan menu-menu dan
grafik.
6.
Subsistem penjelasan
7. Sistem penyaringan pengetahuan
Sedangkan konsep dasar dalam sistem pakar menurut Turban,
1993 adalah:
1.
Keahlian (Expertise)
2. Pakar
(Expert)
3. Transfer
keahlian
4. Inferensi
5.
Rule
6. Kemampuan memberikan
penjelasanHYPERLINK "http://kmp.htm/" \t
"right"
Akuisisi
Pengetahuan
Akuisisi
pengetahuan adalah akumulasi, transfer dan transformasi dari keahlian pemecahan
masalah dari beberapa sumber pengetahuan ke program komputer untuk konstruksi
atau perluasan basis pengetahuan. Sumber-sumber pengetahuan potensial
termasuk pakar manusia, textbook, database, laporan penelitian khusus, dan
gambar-gambar.
Pengakuisisian
pengetahuan dari pakar adalah tugas kompleks yang sering membuat kemacetan
dalam konstruksi sistem pakar sehingga dibutuhkan seorang knowledge engineer
untuk berinteraksi dengan satu atau lebih pakar dalam membangun basis
pengetahuan.
Pengetahuan direpresentasikan dalam suatu bentuk hirarki atau jaringan frame
McGraw Hill. Arizona.USA.
Prentice Hall. New Jersey.USA.
kita juga punya nih jurnal Sistem Pakar, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2576/1/232.pdf
ReplyDeletesemoga bermanfaat yaa :)